Rabu, November 17, 2010

Membacakan Dokumen Digital

Dokumen digital berbeda dengan konvensional. Kadang-kadang kita malas membaca versi digital karena bikin mata cepat lelah. Daripada begitu, mending minta computer membacakan isi dokumen kamu. Caranya:

1. Buka dokumen PDF yang sudah di buat dengan trik-trik sebelumnya, lalu tekan “Ctrl + “K” dan halaman “freferences” akan muncul.

2. Klik pada “reading” dan lakukan pengaturan pada halaman tersebut Atau bila menggunakn cara panjang, klik “Edit > Preferences > Reading”.

3. “volume” berfungsi untuk mengatur besar-kecilnya suara yang dihasilkan. Dengan menghilangkan tanda kotak cek pada “Use default voice”, kamu dapat memilih satu di antara 3 karakter suara yang akan membaca dokumen PDF kamu.

4. Dengan menghilangkan tanda cek pada “Use default speech attributes” kamu dapat menentukan tinggi rendahnya nada suara melalui kolom “ppitch”. Semakin tinggi angkanya, nada seara semakin tinggi. Sedangkan pengaturan pada “Words per minute” akan menentukan kecepatan membaca. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat dokumen akan di baca.

5. Bila sudah selesai dalam tahap pengaturan, klik “oke”.

6. Untuk mengaktifkannya, klik “view > Read Out Loud > Activate Read Out Lout” atau dengan menekan “shift + ctrl + Y”.

7. Untuk membaca hanya satu halaman, klik “view > Read Out Loud > Read This page Only” atau tekan “Shift + Ctrl + v”.

8. Untuk membaca keseluruhan dokumen, klik “View > Read Out Loud > Read To End of Document” atau tekan “shift + ctrl + B”.

Fitur ini akan berfungsi dengan baik apabila dokumen PDF yang akan di baca menggunakan bahasa inggris. Fitur ini juga dapat membantu kamu yang sedang belajar bahasa inggris dengan cara mendengarkan car abaca dari dokumen PDF.

sumber : Pcplus edisi 371

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar