Rabu, November 17, 2010

Bikin Dokumen di Google Docs

Inilah bagi kamu yang ingin mendigitalkan dokumen secara gratis. Google docs (http://docs.google.com). Dengan antar muka berbasis web, kamu dapat membuat dokumen baru sekaligus membuka dokumen lawas yang desimpan dalam format doc,xis,odt,ods,rtf,csv,ppt,dan html.menu-menu yang ditampilkan sangat mirip dengan office 2003 utaupun open office. Kamu nggak perlu waktu lama untuk beradaptasi saat menggunakan google docs.

Serunya, dokumen kamu bisa dikolaborasi. Fitur ini bisa langsung kamu gunakan denganmemberi tanda cek di depan nama file, lalu klik tombol share di atasnya. Sebuah boks yang menawarkan berbagai pilihan akan muncul. Tersedia opsi Ascollaborator yang akan membuka akses baca tulis dokumen untuk orang –orang”terpilih”. Selain itu ada opsi As viewer yang akan memberikan akses baca saja.

Kamu dapat mangirimkan undangan untuk mengakses dokumen dengan mengetikkan alamat-alamat e-mail yang akan hak akses. Alamat tersebut harus e-mail google atau e-mail lain yang sudah tergabung dalam akun google.

Dalam undangan kamu dapat mengatur agar dokumen dapat diakses oleh banyak orang dari satu mailing list, atau memungkinkan pengguna yang kamu undang mengundang orang lain. Nantinya, bila undangan dibuka, penerima undangan akan menerima sebuah link yang isinya adalah dokumen yang kamu bagi-pakaikan. Selanjutnya, ia harus login dengan akun google-nya untuk menyunting dokumen tersebut.

Untuk memudahkan, saat menyunting dokumen akan muncul jendela chat dilayar spreadsheet. Fitur revisi dokumen akan mencatat “siapa mengganti apa, dan kapan “.
Setelah selesai, kmu dapat mempublikasikan isi dokumen ke web atau blog hanya dengan dua kali klik:”More actions > publish”. Nah, dokumen langsung dibagi-pakaikan ke dunia maya.

sumber : PCplus edisi 371

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar