Sabtu, Maret 21, 2009

Sistem Operasi Komputer 1

Bagaimana Komputer Bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori

modul memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner 1000110) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - itu merupakan scratchpad daripada sebuah tablet batu.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dulu biasa mebuat memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).

Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana. Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web).
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.

Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas tidak adalah perintah kaya bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)

Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Ulang prosedur ini sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

Penggunaan Komputer
Komputer digital pertama, dengan ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Kata "Komputer"
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang agak berbeda pada kata 'komputer', dan beberapa kata berbeda untuk hal kami sekarang biasanya disebut komputer.
Misalnya "computer" secara umum pernah dipergunakan untuk bermaksud orang memperkerjakan untuk melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin membantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi "orang yang menghitung" dan lalu menjelang 1897 juga untuk "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita AS dan Inggris yang pekerjaannya memperhitungkan jalan artileri perang besar dengan mesin seperti itu.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin menghitung pertama disebut Mesin Analitikal, tetapi karena masalah teknologi tidak dibuat seumur hidupnya. Berbagai alat mesin yang sederhana seperti slide rule baik juga sudah menyebut komputer. Di beberapa kasus mereka diserahkan ke sebagai "komputer analog", sewaktu mereka melambangkan nomor oleh continuous kuantitas-kuantitas fisik daripada di samping digit biner yang berlainan. Apa sekarang menyebut "komputer" saja secara umum pernah menyebut "komputer digital" untuk membedakan mereka dari alat lain ini (yang masih dipakai di bidang analog pengolahan tanda, misalnya).
In yang memikirkan kata lain untuk komputer, itu ialah harga mengamati bahwa di bahasa lain kata yang dipilih selalu tidak mempunyai arti harfiah sama sebagai kata Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Perancis misalnya, kata ialah "ordinateur", yang berarti kira-kira "organisator", atau "memisahkan mesin". Pada bahasa Spanyol digunakan kata "ordenador", dengan arti sama, walaupun di beberapa negara mereka menggunakan anglicism computadora. Dalam Bahasa Italia, komputer ialah "calcolatore", kalkulator, menekankannya computational menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran. Dalam Bahasa Swedia, komputer dipanggil "dator" dari "data". Atau paling tidak pada tahun 1950-an, mereka disebut "matematikmaskin" (mesin matematika). Dalam Bahasa Tionghoa, komputer dipanggil "tien nau" atau suatu "otak listrik". Dalam Bahasa Inggris, kata lain dan frase sudah bekas, seperti "mesin pengolahan data".

STRUKTUR SISTEM KOMPUTER
Objektif
Di akhir bab ini pelajar akan dapat memahami secara ringkas tentang struktur sesebuah sistem komputer seperti struktur I/O, struktur ingatan serta perlindungan ke atas perkakasan komputer seperti perlindungan I/O, perlindungan ingatan dan perlindungan UPP.

Operasi Sistem Komputer
• Kita perlu tahu tentang struktur sesebuah sistem komputer sebelum kita boleh menjelajah secara terperinci operasi sesebuah komputer tersebut. Sistem pengoperasian perlu menentukan sistem komputer beroperasi dengan betul. Untuk memastikan aturcara pengguna tidak menggugat operasi komputer, perkakasan mesti menyediakan mekanisma tertentu untuk memastikan perlaksanaan adalah betul.

Sistem komputer
• Sistem komputer guna-am terdiri daripada UPP dan beberapa peranti kawalan yang dihubungkan melalui talian bas yang sama yang menyediakan capaian keingatan yang dikongsi Gambar Sistem Komputer
• Setiap peranti kawalan menjaga jenis peranti yang tertentu. Kedua-dua UPP dan peranti kawalan ini boleh dilaksanakan secara serentak. Untuk memastikan cara yang betul capaian ke ingatan yang dikongsi, pengawal ingatan disediakan di mana fungsinya adalah mensinkronasikan capaian ke atas ingatan.
• Pada mulanya sebelum komputer dilarikan, iaitu bila suis dihidupkan, ia perlu aturcara awalan untuk dilarikan. Aturcara awalan ini atau aturcara pencangkuk (bootstrap) adalah ringkas/mudah. Ia memberi awalan kepada semua aspek sesebuah sistem daripada alatdaftar UPP ke pengawal peranti dan juga kandungan ingatan.
• Cara aturcara pencangkuk ini memuatkan sistem pengoperasian untuk memulakan perlaksanaan adalah seperti berikut:
mula-mula ia perlu mengenal pasti kernel sistem pengoperasian
kemudian dimuatkan keingatan. Sistem pengoperasian akan mula melaksanakan proses yang pertama dan tunggu sesuatu acara berlaku. Keberlakuan acara ini selalunya disyaratkan oleh sampukan daripada perkakasan atau perisian. Perkakasan menerbitkan sampukan ini pada bila-bila masa dengan memberi isyarat kepada UPP, selalunya melalui talian bas. Perisian pula menerbitkan sampukan dengan melaksanakan operasi khas yang dipanggil panggilan sistem (sistem call) atau panggilan monitor (monitor call).
• Terdapat banyak jenis keadaan yang akan menerbitkan sampukan. Contohnya operasi I/O tamat, pembahagian dengan kosong, capaian keingatan yang tidak wujud dan perlukan servis sistem pengoperasian.
• Bagi setiap jenis sampukan, rutin yang dipanggil rutin servis (service routine) akan bertugas ke atas sampukan ini. Bila UPP disampuk, ia akan berhenti daripada apa yang sedang dilakukan dan dengan cepat akan berpindah perlaksanaan ke lokasi yang tetap. Lokasi tetap ini selalunya mengandungi alamat permulaan di mana rutin servis untuk sampukan ini dikenal pastikan. Rutin servis untuk sampukan ini dilaksanakan dan apabila selesai, UPP kembali kepermulaan di mana sebelum ia disampuk.

Struktur I/O
Pengawal peranti mengawal jenis-jenisnya yang tertentu dan terdapat beberapa bilangan bagi setiap pengawal peranti. Pengawal peranti ini mempunyai penimbal ingatan setempat (local buffer storage) dan satu set alatdaftar guna-khas. Pengawal peranti tugasnya membawa data di antara peranti periferal yang dikawalnya ke penimbal ingatan setempat.
2.2.1 Sampukan I/0
Untuk memulakan operasi I/O, UPP memuatkan alatdaftar tertentu kepengawal peranti dan tugas pengawal peranti memeriksa kandungan alatdaftar untuk memastikan langkah yang perlu diambil. Operasi tamat dengan pengawal peranti memberitahu UPP dan pemberitahuan ini terjadi dengan kegiatan sampukan. Situasi ini berlaku hasil daripada proses pengguna yang meminta I/O.
Sebaik sahaja I/O dimulakan, terdapat 2 keadaan yang mungkin berlaku. Dalam kes yang paling mudah; I/O dimulakan, kemudian tamat dan seterusnya kawalan dipindahkan kepada proses pengguna. Keadaan ini dinamakan I/O Sinkroni. (Lihat Rajah 2.2 (a) ms 31)
Kemungkinan lain pula, kawalan dipindahkan terus kepada proses pengguna tanpa menunggu operasi I/O untuk selesai. Ini dipanggil I/O Tak Sinkroni.(Lihat Rajah 2.2 (b) ms 31)

2.2.2 Struktur DMA
• DMA (Direct Memory Access) berguna untuk memindahkan data di antara ingatan dan peranti tanpa melibatkan UPP.
• Ini dapat mengurangkan muatan UPP.
• Operasi DMA dilakukan oleh pengawal DMA yang mempunyai talian alamat, talian data yang disetkan kepada alamat destinasi dan sumber.
• Semasa operasi DMA sedang berjalan, UPP adalah bebas untuk menjalankan tugas lain dan pengawal DMA akan menyampuk UPP apabila pemindahan selesai.
2.3 Struktur Storan
Aturcara mesti berada di dalam ingatan utama untuk dilarikan. Terdiri daripada perkataan (words) atau bait (bytes) yang punyai alamat tersendiri.
Arahan ke atas ingatan utama ini adalah arahan muat (load) atau simpan (store). Arahan muat memindahkan satu perkataan dalam ingatan utama ke alatdaftar dalam UPP, manakala arahan simpan memindahkan kandungan alatdaftar keingatan utama.
Unit ingatan terdiri daripada rangkaian alamat-alamat ingatan.
Aturcara dan data tidak boleh disimpan di dalam ingatan utama secara kekal atas sebab-sebab berikut:
Ingatan utama terlalu kecil untuk menyimpan semua aturcara dan data secara kekal.
Kandungan ingatan utama akan hilang bila suis dipadamkan.
Oleh itu ingatan bantuan disediakan bagi memudahkan data/aturcara disimpan secara kekal. Contohnya cakera magnetik, pita cakera.
Keperluan utama terhadap ingatan bantuan adalah ia mampu untuk menyimpan data yang banyak secara kekal.

2.4 Hirarki Ingatan
• Ingatan sistem boleh diorganisasikan dalam bentuk hirarki bergantung kepada kecepatan dan kos. Paras paling tinggi paling mahal tetapi paling cepat. Gamabar Sistem Komputer
• Selain daripada perbezaan kecepatan capaian dan kos yang wujud antara setiap paras, perbandingan juga boleh dibuat dengan sama ada jenis storan tersebut meruap atau tidak.
• Maklumat selalunya disimpan dalam ingatan dan semasa digunakan ia akan membuat salinan ke sistem ingatan yang lebih pantas iaitu ingatan para (cache) untuk sementara. Alatdaftar index dan akumulator adalah ingatan para berhalaju tinggi bagi ingatan utama. Memandangkan saiz ingatan para adalah terhad, pengurusan ingatan para (cache management) adalah perlu.

2.5 Perlindungan Perkakasan
• Sebelum ini, operasi ke atas komputer dikawal sepenuhnya oleh pengaturcara. Setelah sistem pengoperasian diperkenalkan, kawalan ke atas sistem diberikan kepada sistem pengoperasian itu sendiri.
• Selain daripada itu untuk memperbaiki kemanfaatan sistem, sistem pengoperasian berkongsi sumber-sumber sistem antara beberapa aturcara secara serentak. Ini menimbulkan juga masalah. Kalau sistem melarikan aturcara yang berkongsi dan terdapat ralat dalam satu aturcara akan mengakibatkan proses yang lain turut terlibat.
Jadi perlindungan perlu bagi memastikan operasi dilaksanakan dengan betul. Sistem pengoperasian dan aturcara-aturcara berserta data harus dilindungi daripada aturcara yang salah fungsi. Langkah yang perlu diambil adalah menyediakan bantuan perkakasan untuk membezakan antara beberapa mod perlaksanaan. Dua mod tersebut adalah mod pengguna dan mod monitor. Satu bit ditambah kepada perkakasan komputer yang dipanggil bit mod (mode bit) bagi menandakan mod terkini : monitor (0) atau pengguna (1).
Dengan adanya mod bit ini, kita dapat membezakan sesuatu tugas yang dijalankan oleh sistem pengoperasian dengan tugas yang dijalankan oleh pihak pengguna.
Pada masa sistem dimulakan, perkakasan berada dalam mod monitor. Kemudian sistem pengoperasian dimuatkan dan memulakan proses pengguna dalam mod pengguna. Apabila sahaja berlaku trap atau sampukan, perkakasan akan bertukar daripada mod pengguna kepada mod monitor. Harus diingat bahawa sistem akan sentiasa bertukar kepada mod pengguna sebelum menyerahkan kawalan kepada aturcara pengguna.
Operasi dwi mod ini sebenarnya bertujuan agar dapat melindungi sistem pengoperasian daripada pengguna yang tak sepatutnya dan juga melindungi sesama pengguna.
Arahan Hak Instimewa (Privileged instructions) diperkenalkan yang hanya membenarkan arahan-arahan dilaksanakan dalam mod monitor sahaja. Sebarang percubaan untuk melaksanakan arahan dalam mod pengguna akan dianggap sebagai suatu keadaan yang tidak sah dan akan di’trap’ oleh perkakasan ke dalam sistem pengoperasian.
Perlindungan I/O
Aturcara pengguna boleh mengubah operasi normal sistem dengan melakukan arahan I/O yang tidak dibenarkan. Beberapa mekanisma perlu ada bagi memastikan perkara yang tidak diingini ini tidak berlaku. Antaranya ialah mentakrifkan kesemua arahan I/O sebagai arahan hak istimewa (privileged) iaitu pengguna tidak boleh meminta arahan I/O secara terus; tetapi melalui sistem pengoperasian.

Perlindungan Ingatan
Bagi memastikan operasi adalah betul, perlindungan harus diberikan kepada vektor sampukan (interrupt vector) dari diubah oleh aturcara pengguna. Selain daripada itu perlindungan juga diberikan ke atas rutin servis sampukan (interrupt service routines) dalam sistem pengoperasian daripada diubah.
Perlindungan UPP
Kita perlu halang aturcara pengguna daripada berada dalam situasi gelung tak terhingga (infinite loop) dan tidak mengembalikan kawalan ke sistem pengoperasian. Untuk memastikan tujuan ini tercapai, pencatat masa (timer) digunakan. Pencatat masa disetkan untuk menyampuk komputer dalam masa tertentu.

writed by : Wiria, S.Kom (dosen STMIK Mitra Karya, Bekasi)

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus